A. DEFINISI MEDIA
Pengertian Media dan Jenis Media Media adalah segala bentuk dan
saluran yang digunakan untuk menyampaikan informasi atau pesan. Kata media
berasal dari kata latin, merupakan bentuk jamak dari kata “medium”. Secara
harfiah kata tersebut mempunyai arti "perantara" atau "pengantar",
yaitu perantara sumber pesan (a source) dengan penerima pesan (a
receiver). Jadi, dalam pengertian yang lain, media adalah alat
atau sarana yang dipergunakan untuk menyampaikan pesan dari komunikator kepada
khalayak. Banyak ahli dan juga organisasi yang memberikan batasan mengenai
pengertian media.Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:
![]() |
- Menurut Syaiful Bahri Djamarah: Media adalah alat bantu apa saja yang dapat dijadikan sebagai
penyalur pesan guna mencapai tujuan.
- Menurut Schram: Media adalah teknologi pembawa pesan yang dapat dimanfaatkan untuk
keperluan pembelajaran.
- Menurut National Education Asociation
(NEA): Media adalah sarana komunikasi dalam
bentuk cetak maupun audio visual, termasuk teknologi perangkat kerasnya.
- Menurut Briggs: Media adalah alat untuk
memberikan perangsang bagi siswa supaya terjadi proses belajar.
- Asociation of Education Comunication Technology
(AECT): Media adalah segala bentuk dan saluran yang
dipergunakan untuk proses penyaluran pesan.
- Menurut Gagne: Media adalah berbagai jenis komponen dalam lingkungan siswa yang dapat
merangsang siswa untuk belajar.
- Menurut Miarso: Media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan
pesan yang dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan
siswa untuk belajar.
B. DEFINISI GAYA HIDUP
Gaya hidup adalah perilaku seseorang
yang ditunjukkan dalam aktivitas, minat dan opini khususnya yang berkaitan
dengan citra diri untuk merefleksikan status sosialnya. Gaya hidup merupakan
frame of reference yang dipakai sesorang dalam bertingkah laku dan
konsekuensinya akan membentuk pola perilaku tertentu.
Terutama bagaimana dia ingin
dipersepsikan oleh orang lain, sehingga gaya hidup sangat berkaitan dengan
bagaimana ia membentuk image di mata orang lain, berkaitan dengan status sosial
yang disandangnya. Untuk merefleksikan image inilah, dibutuhkan simbol-simbol
status tertentu, yang sangat berperan dalam mempengaruhi perilaku konsumsinya.
Fenomena ini pokok pangkalnya adalah
stratifikasi sosial, sebuah struktur sosial yang terdiri lapisan-lapisan :
·
dari lapisan teratas sampai lapisan
terbawah.
·
Dalam struktur masyarakat modern,
·
status sosial haruslah diperjuangkan
(achieved)
·
dan bukannya karena diberi atau
berdasarkan garis keturunan (ascribed).
Selayaknya status sosial merupakan
penghargaan masyarakat atas prestasi yang dicapai oleh seseorang. Jika
seseorang telah mencapai suatu prestasi tertentu, ia layak di tempatkan pada
lapisan tertentu dalam masyarakatnya. Semua orang diharapkan mempunyai kesempatan
yang sama untuk meraih prestasi, dan melahirkan kompetisi untuk meraihnya.
C. DAMPAK MEDIA TERHADAP GAYA
HIDUP

Dampak Positif :
1.
Media memiliki cara untuk menunjukkan kepada kita informasi yang tersusun
rapi dalam berita. Anak-anak juga mendapat manfaat dari media karena dapat
meningkatkan pengetahuan mereka dalam mata pelajaran tertentu.
2.
Kita memiliki rasa atas apa yang terjadi disekitar kita dan juga tentang
segala sesuatu di tempat lain. Kita dapat melihat dunia melalui televisi,
bahkan jika kita berdiam diri disatu tempat sepanjang waktu. Kita menjadi punya
pengetahuan tentang apa yang terjadi disana tanpa kita sendiri berada ditempat
itu.
3.
Media dalam segala bentuknya dapat memperkenalkan kita
cara berfikir kreatif yang dapat membantu kita memperbaiki diri dengan cara
yang berbeda, baik itu dalam kehidupan pribadi atau pekerjaan kita. Hal ini
dapat mengubah perspektif dan memotivasi kita untuk melakukan hal yang baru.
4.
Media juga dapat membantu kita berhubungan dengan orang lain diseluruh dunia
dan menjadi lebih terbuka serta memahami budaya bangsa lain.
5. Memperluas jaringan pertemanan. Dengan menggunakan jejaring
sosial, kita bisa berkomunikasi dengan siapa saja, bahkan dengan orang
yang belum kita kenal sekalipun dari berbagai penjuru dunia.
6. Situs jejaring sosial membuat anak dan remaja menjadi lebih
bersahabat, perhatian, dan empati.
7. Sebagai sarana untuk mengembangkan keterampilan dan sosial.
Pengguna daapat belajar bagaimana cara beradaptasi,bersosialisai dengan
publik dan mengelola jaringan pertemanan.
8. Internet sebagai media komunikasi, setiap pengguna internet
dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
9. Media pertukaran data. Dengan menggunakan jaringan situs-situs web
para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi
dengan cepat dan murah.
10. Sebagai media promosi dalam bisnis. Hal ini memungkinkan para
pengusaha kecil dapat mempromosikan produk dan jasanya tanpa mengeluarkan
banyak biaya.
Dampak Negatif :
1.
Kekerasan merupakan faktor utama yang terlihat
dan berpotensi menjadi penghasut yang berbahaya pada khalayak muda. Anak-anak
mudah dipengaruhi oleh apa yang mereka lihat di televisi atau internet,
kemudian menirukan tindakan kekerasan.
2.
Pada
saat ini, informasi yang dilaporkan mungkin tidak otentik dari setiap sudut. Oleh
karena itu, mungkin ada salah tafsir terhadap situasi.
3.
Berita
dapat dimanipulasi untuk mempengaruhi pikiran penonton. Sebagai contoh, partai
politik tertentu dapat memanipulasi laporan yang menguntungkan mereka, yang
akan menunjukkan kontrol politik di media.
4.
Sebuah
peristiwa tertentu yang menyajikan gaya hidup mewah dapat menanamkan cita-cita
yang salah dikalangan anak-anak.
5.
Sensasionalisme
yang tidak perlu dari sebuah isu dapat memproyeksikan informasi yang salah
kepada publik.
6.
Pesan menyesatkan mengalihkan pikiran
menuju jalan yang salah.
7.
Dapat merubah gaya hidup menjadi hidup
mewah sehingga akan berprilaku konsumtif dengan membeli barang-barang yang
tidak dibutuhkan.
8.
Tertinggal dan terlupakannya bahasa formal.
Karena pengguna media lebih sering menggunakan bahasa informal dalam
kesehariannya, sehingga aturan bahasa formal mereka menjadi terlupakan.
9.
Media akan membuat gaya hidup seseorang
lebih mementingkan diri sendiri. Mereka menjadi tidak sadar akan lingkungan
sekitar mereka, karena kebanyakan menghabiskan waktu di internet.
10.
Mengurangi
kinerja. Karyawan perusahaan, pelajar, mahasiswa yang bermain media sosial pada
saat sedang mengerjakan pekerjaannya akan mengurangi waktu kerja dan waktu
belajar mereka.
DAFTAR PUSTAKA
http://www.pengertianahli.com/2014/07/pengertian-media-dan-jenis-media.htmlhttp://lifestyle-awan.blogspot.co.id/2009/03/pengertian-gaya-hidup.html
https://www.academia.edu/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar