Cari Blog Ini

Jumat, 18 November 2016

SOAL LOGIKA PEMBUKTIAN (MATEMATIKA INFORMATIKA)

MATEMATIKA INFORMATIKA 3

BAB 3

LOGIKA PEMBUKTIAN


KELOMPOK 3
2IA14
Anggota  :

                        ARJUNA CESA A                                      51415029
                        DIANA MASRITA                                        51415857
                        FAJRI NOVIANDRI                                    52415448
                        FARADILLAH JAUHARAH ZULKA         52415472
                        MOCHAMMAD FARREL WIRAPUTRA  57415485
                        MUHAMMAD TAUFIQ FIRMANSYAH     54415807
                        NOVIAN ADIPUTRA                                   55415131






TEKNOLOGI INDUSTRI
TEKNIK INFORMATIKA
UNIVERSITAS GUNADARMA


1. Hasil pangkat bilangan ganjil adalah ganjil.
    Jawab :
    A. Langsung
          Hipotesis 1 = P         à Q
                            ganjil² = ganjil
          Hipotesis 2 = ganjil²
                         = (2r + 1)²
                         = 4r² + 4r + 1
                         = 2(2r² + 2r ) + 1
                         = 2k + 1
      Maka, kesimpulannya pangkat bilangan ganjil adalah ganjil.
    B. Kontradiksi
          Hipotesis 1 = P           à Q
                            ganjil²   = ganjil
          Hipotesis 2 = ganjil²  à  genap
                         = ganjil²
                         = (2r + 1)²
                         = 4r² + 4r + 1
                         = 2(2r² + 2r ) + 1
                         = 2k + 1
          Jadi, hipotesis 2 salah.
      Maka, kesimpulannya pangkat bilangan ganjil adalah ganjil.
    C. Kontraposisi
          Hipotesis 1 = P          à Q
                            ganjil²  = ganjil
          Hipotesis 2 = ~Q       à ~P
                         = genap  = genap²
                         = 2n             = (2n)²
                         = 2n        = 4n²
                         = 2n        = 2(2n²)
                         = 2n             = 2k
          Kesimpulan : Q
      Maka, kesimpulannya pangkat bilangan ganjil adalah ganjil.

2. Hasil pangkat dari penjumlahan 2 bilangan ganjil adalah genap.
    Jawab :
    A. Langsung
          Hipotesis 1 =         P                           à Q
                            (a ganjil + b ganjil)² = genap
          Hipotesis 2 = (a ganjil + b ganjil)²
                         = (2r + 1 + 2s + 1)²
                         = (2r + 2s + 2)²
                         = 4r² + 4s² + 4rs + 4sr + 8r + 8s + 4
                         = 2(2r² + 2s² + 2rs + 2sr + 4r + 4s + 2)
                         = 2k
      Maka, kesimpulannya pangkat dari penjumlahan 2 bilangan ganjil adalah genap.
    B. Kontradiksi
          Hipotesis 1 =         P                            à Q
                            (a ganjil + b ganjil)²  = genap
          Hipotesis 2 = (a ganjil + b ganjil)² à ganjil
                         = (a ganjil + b ganjil)²
                         = (2r + 1 + 2s + 1)²
                         = (2r + 2s + 2)²
                         = 4r² + 4s² + 4rs + 4sr + 8r + 8s + 4
                         = 2(2r² + 2s² + 2rs + 2sr + 4r + 4s + 2)
                         = 2k
          Jadi, hipotesis 2 salah.
      Maka, kesimpulannya pangkat dari penjumlahan 2 bilangan ganjil adalah genap.
    C. Kontraposisi
          Hipotesis 1 =         P                           à Q
                            (a ganjil + b ganjil)² = genap
          Hipotesis 2 = ~Q       à ~P
                         = ganjil = (a genap + b genap)²
                         = 2n + 1= (2r + 2s)²
                         = 2n + 1= 4r² + 4s² + 4rs + 4sr
                         = 2n + 1= 2(2r² + 2s² + 2rs + 2sr)
                         = 2n + 1= 2k
          Kesimpulan : Q
Maka, kesimpulannya pangkat dari penjumlahan 2 bilangan ganjil tidak dapat dibuktikan dengan    metode kontraposisi.

3.Jika diketahui n adalah ganjil, maka n2  adalah ?

Jawab :

Diketahui n adalah ganjil, artinya terdapat suatu bilangan bulat k sehingga 
n = 2k + 1. Akan ditunjukkan bahwa n2 ganjil.
n2 = (2k + 1)2
     = 4k2 + 4k + 1
     = 2(2k2 + 2k) +1.
Perhatikan bahwa n2 = 2(2k2 + 2k) +1.Karena k adalah bilangan bulat, maka (2k2 + 2k) juga pasti bilangan bulat, sehingga n2 adalah ganjil.


4.Sebutkan metode metode dalam pembuktian langsung dan tidak langsung?

Jawab:

A. Metode Kontraposisi.
B. Metode Kontradiksi.
C. Metode Langsung.



5.M dan M adalah bil. genap maka M+N = genap?

Jawab:

·         Langsung
Hipotesis 1
P => Q
Mgenap + Ngenap = genap
          Hipotesis 2
Mgenap + Ngenap
= 2m + 2n
= 2(m + n)
= 2k
          Kesimpulan
                   Hasil tambah bil. M dan N adalah genap
·         Kontradiksi
          Hipotesis 1
P => Q
Mgenap + Ngenap = genap
          Hipotesis 2
                   ~(P => Q)
                   Mgenap  + Ngenap = ganjil
          Kesimpulan
                   Hipotesis kedua salah , jumlah bil. M genap + N genap adalah genap
·         Kontraposisi
Hipotesis 1
P => Q
Mgenap + Ngenap = genap

          Hipotesis 2
                   ~Q => ~P
                   Mganjil + Nganjil = ganjil
                   = 2n + 1  = 2m + 1 + 2m + 1
                   = 2n + 1 =  4m + 2
                             = 2(m + 1)
                             = 2X

6.X adalah bil. ganjil , maka X2 juga bil. ganjil

Jawab:
·         Langsung
Hipotesis 1
                   P => Q
                   (2a + 1) 2  = ganjil
          Hipotesis 2
                   (2a + 1) (2a + 1)
                   =4a2 + 2a + 2a + 1
                   =4a2 + 4a + 1
                   =2(2a2 + 2a) +1
                   =2k + 1
·         Kontradiksi
Hipotesis 1
P => Q
(2a + 1)2  = ganjil
          Hipotesis 2
                   ~(P =>Q)
                   (2a + 1)2 = genap
          Kesimpulan
                   Hipotesis kedua salah , X2 adalah ganjil
·         Kontraposisi
Hipotesis 1
P => Q
(2a + 1)2  = ganjil
          Hipotesis 2
                   ~Q =>~P
                   =genap = (2a – 1) (2a – 1)
                   = 2n = 4a2 – 2a – 2a + 1
                   = 2n = 4a2 – 4a + 1
                   = 2n = 2(2a2 – 2a) + 1
                   = 2n = 2k + 1
          Kesimpulan
                   X2 adalah bil. Ganjil

7. 2 + 4 + 6 + 8 + ... + 2n = n(n+1)
  Untuk bilangan asli.
Jawab:

  Basis Induksi
     n = 1 1(1+1) = 2

   Langkah Induksi
     - n = k        k = k(k+1)
     - k = k + 1 k + 1 = k+1(k+1+1)
                                     = k+1(k+2)
                                     = k²+2k+ k +2
                                     = k²+3k+2

   2 + 4 + 6 + 8 + ... + 2k + 2(k+1)
     = k(k+1)+2(k+1)
     = k²+k+2k+2
     = k²+3k+2 à Terbukti Benar.

8. 1 + 2 + 3 + ... + n= ½ n(n+1)
  Untuk bilangan asli.
Jawab:

   Basis Induksi
     n = 1 ½.1(1+1) = 1

   Langkah Induksi
     - n = k k = ½ k(k+1)
     - k = k + 1 k + 1 = ½ k+1(k+1+1)
                                     = ½ k+1(k+2)
                                     = ½ (k²+2k+k+2)
                                     = ½ k²+3/2 k+1     
                                     = k²+3k+2                           
   1 + 2 + 3 + ... + k + (k+1)
     = ½ k(k+1)+k+1
     = ½ (k²+k)+k+1
     = ½ k²+½ k+k+1
     = ½ k²+3/2 k+1                                 
     = k²+3k+2 à Terbukti Benar.

9.Hasil kali 2 bilangan ganjil adalah ganjil
Jawab:

               Langsung

Ø  Hipotesis 1  =  p q
                             a ganjil    x   b ganjil       = ganjil

Ø  Hipotesis 2  =  a ganjil   x   b ganjil
                           = 2n + 1    x   2n + 1
                           = (2r + 1)   x   (2s + 1)
                           = 4rs + 2r + 2s + 1
                           = 2(2rs + r + s) + 1
                           = 2 k + 1
Maka kesimpulan hasil kali 2 bilangan ganjil adalah ganjil

Kontradiksi

Ø   Hipotesis 1 =  p    q
                               a  x  b ganjil  = ganjil
Ø  Hipotesis 2  =  a  ganjil x  b ganjil   = genap
                              Jadi hipotesis 2 salah
Maka kesimpulan hasil kali 2 bilangan ganjil adalah ganjil


Kontraposisi

Ø  Hipotesis1   = p q
                                a ganjil  x  b ganjil     = ganjil

Ø   Hipotesis2  =  ~q  ~p
                              Genap  =   a genap   x   b genap
                                2n       =  2n  x  2n
                                2n       =  4n²
                                2n       = 2(2n²)
                                2n       = 2k
Kesimpulan   =  q
Maka hasil kali 2 bilangan ganjil adalah ganjil


10.Untuk bilangan bulat,buktikan jumlah 2 bilangan genap adalah genap
Jawab:

ü  Genap  = 0,2,4,6,8,...
                 1.2,2.2,3.2,4.2...2n
                 2n
ü  Ganjil  = 1,3,5,7,9
            = 2.1+1,2.2+1,2.3+1,...
            = 2n+1

Jawab:

Langsung

Ø  Hipotesis1   =  p  q
                             a genap  +  b genap  =  genap

Ø  Hipotesis2   = a genap  +  b genap
                             = 2r    +   2s
                             = 2 (r +s)
                                     
                                       k
                             = 2k
Maka kesimpulan jumlah 2 bilangan genap adalah genap
                            = 2r  +  2r
                            = 4r
                            = 2(2r)
                            = 2k



Kontradiksi

Ø   Hipotesis1  =  p  q
                                 a  +  b genap  =  genap
Ø  Hipotesis2   =   a genap  +  b genap  =  ganjil
                             Jadi hipotesis 2 salah

Kesimpulan = jumlah 2 bilangan genap = genap
  

Kontraposisi

Ø  Hipotesis1   = p     q
                               a  +  b genap  =  genap

Ø  Hipotesis2   = ~q ~p
                           Ganjil  =  a ganjil  +  b ganjil
2n+1 = 2r+1 + 2r+1
2n+1 = 2r + 2r + 1 + 1
2n+1 = 4r  +  2
          = 2(2r+1)
          =2k

 =2r+1+2s+1
=2r+2s+2
=2(r+s+1)
=2k




Selasa, 01 November 2016

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA TERHADAP GAYA HIDUP

A.    DEFINISI MEDIA 

     Pengertian Media dan Jenis Media Media adalah segala bentuk dan saluran yang digunakan untuk menyampaikan informasi atau pesan. Kata media berasal dari kata latin, merupakan bentuk jamak dari kata “medium”. Secara harfiah kata tersebut mempunyai arti "perantara" atau "pengantar", yaitu perantara sumber pesan (a source) dengan penerima pesan (a receiver). Jadi, dalam pengertian yang lain, media adalah alat atau sarana yang dipergunakan untuk menyampaikan pesan dari komunikator kepada khalayak. Banyak ahli dan juga organisasi yang memberikan batasan mengenai pengertian media.Beberapa diantaranya adalah  sebagai berikut: 
         Pengertian Media dan Jenis Media
  • Menurut Syaiful Bahri Djamarah: Media adalah alat bantu apa saja yang dapat dijadikan sebagai penyalur pesan guna mencapai tujuan.
  • Menurut Schram: Media adalah teknologi pembawa pesan yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran.
  • Menurut National Education Asociation (NEA): Media adalah sarana komunikasi dalam bentuk cetak maupun audio visual, termasuk teknologi perangkat kerasnya.
  • Menurut Briggs: Media adalah alat untuk memberikan perangsang bagi siswa supaya terjadi proses belajar.
  • Asociation of Education Comunication Technology (AECT): Media adalah segala bentuk dan saluran yang dipergunakan untuk proses penyaluran pesan.
  • Menurut Gagne: Media adalah berbagai jenis komponen dalam lingkungan siswa yang dapat merangsang siswa untuk belajar.
  • Menurut Miarso: Media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan yang dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan siswa untuk belajar.
B.    DEFINISI GAYA HIDUP

                                                   Image result for life style logo

Gaya hidup adalah perilaku seseorang yang ditunjukkan dalam aktivitas, minat dan opini khususnya yang berkaitan dengan citra diri untuk merefleksikan status sosialnya. Gaya hidup merupakan frame of reference yang dipakai sesorang dalam bertingkah laku dan konsekuensinya akan membentuk pola perilaku tertentu.

Terutama bagaimana dia ingin dipersepsikan oleh orang lain, sehingga gaya hidup sangat berkaitan dengan bagaimana ia membentuk image di mata orang lain, berkaitan dengan status sosial yang disandangnya. Untuk merefleksikan image inilah, dibutuhkan simbol-simbol status tertentu, yang sangat berperan dalam mempengaruhi perilaku konsumsinya.
Fenomena ini pokok pangkalnya adalah stratifikasi sosial, sebuah struktur sosial yang terdiri lapisan-lapisan :
·         dari lapisan teratas sampai lapisan terbawah.
·         Dalam struktur masyarakat modern,
·         status sosial haruslah diperjuangkan (achieved)
·         dan bukannya karena diberi atau berdasarkan garis keturunan (ascribed).
Selayaknya status sosial merupakan penghargaan masyarakat atas prestasi yang dicapai oleh seseorang. Jika seseorang telah mencapai suatu prestasi tertentu, ia layak di tempatkan pada lapisan tertentu dalam masyarakatnya. Semua orang diharapkan mempunyai kesempatan yang sama untuk meraih prestasi, dan melahirkan kompetisi untuk meraihnya.

C.    DAMPAK MEDIA TERHADAP GAYA HIDUP
Image result for positive

     Dampak Positif         :
1.    Media memiliki cara untuk menunjukkan kepada kita informasi yang tersusun rapi dalam berita. Anak-anak juga mendapat manfaat dari media karena dapat meningkatkan pengetahuan mereka dalam mata pelajaran tertentu.

2.    Kita memiliki rasa atas apa yang terjadi disekitar kita dan juga tentang segala sesuatu di tempat lain. Kita dapat melihat dunia melalui televisi, bahkan jika kita berdiam diri disatu tempat sepanjang waktu. Kita menjadi punya pengetahuan tentang apa yang terjadi disana tanpa kita sendiri berada ditempat itu.

3.    Media dalam segala bentuknya dapat memperkenalkan kita cara berfikir kreatif yang dapat membantu kita memperbaiki diri dengan cara yang berbeda, baik itu dalam kehidupan pribadi atau pekerjaan kita. Hal ini dapat mengubah perspektif dan memotivasi kita untuk melakukan hal yang baru.

4.    Media juga dapat membantu kita berhubungan dengan orang lain diseluruh dunia dan menjadi lebih terbuka serta memahami budaya bangsa lain.

5.  Memperluas jaringan pertemanan. Dengan menggunakan jejaring sosial, kita bisa berkomunikasi dengan siapa saja, bahkan dengan orang yang belum kita kenal sekalipun dari berbagai penjuru dunia. 

6.  Situs jejaring sosial membuat anak dan remaja menjadi lebih bersahabat, perhatian, dan empati.

7.  Sebagai sarana untuk mengembangkan keterampilan dan sosial. Pengguna daapat belajar bagaimana cara beradaptasi,bersosialisai dengan publik dan mengelola jaringan pertemanan.

8.  Internet sebagai media komunikasi, setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.

9.  Media pertukaran data. Dengan menggunakan jaringan situs-situs web para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.

10. Sebagai media promosi dalam bisnis. Hal ini memungkinkan para pengusaha kecil dapat mempromosikan produk dan jasanya tanpa mengeluarkan banyak biaya.


Dampak Negatif       :
1.    Kekerasan merupakan faktor utama yang terlihat dan berpotensi menjadi penghasut yang berbahaya pada khalayak muda. Anak-anak mudah dipengaruhi oleh apa yang mereka lihat di televisi atau internet, kemudian menirukan tindakan kekerasan.

2.    Pada saat ini, informasi yang dilaporkan mungkin tidak otentik dari setiap sudut. Oleh karena itu, mungkin ada salah tafsir terhadap situasi.

3.    Berita dapat dimanipulasi untuk mempengaruhi pikiran penonton. Sebagai contoh, partai politik tertentu dapat memanipulasi laporan yang menguntungkan mereka, yang akan menunjukkan kontrol politik di media.

4.    Sebuah peristiwa tertentu yang menyajikan gaya hidup mewah dapat menanamkan cita-cita yang salah dikalangan anak-anak.

5.    Sensasionalisme yang tidak perlu dari sebuah isu dapat memproyeksikan informasi yang salah kepada publik.

6.    Pesan menyesatkan mengalihkan pikiran menuju jalan yang salah.

7.    Dapat merubah gaya hidup menjadi hidup mewah sehingga akan berprilaku konsumtif dengan membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan.

8.    Tertinggal dan terlupakannya bahasa formal. Karena pengguna media lebih sering menggunakan bahasa informal dalam kesehariannya, sehingga aturan bahasa formal mereka menjadi terlupakan.

9.    Media akan membuat gaya hidup seseorang lebih mementingkan diri sendiri. Mereka menjadi tidak sadar akan lingkungan sekitar mereka, karena kebanyakan menghabiskan waktu di internet.

10. Mengurangi kinerja. Karyawan perusahaan, pelajar, mahasiswa yang bermain media sosial pada saat sedang mengerjakan pekerjaannya akan mengurangi waktu kerja dan waktu belajar mereka.  



DAFTAR PUSTAKA
http://www.pengertianahli.com/2014/07/pengertian-media-dan-jenis-media.html
http://lifestyle-awan.blogspot.co.id/2009/03/pengertian-gaya-hidup.html
https://www.academia.edu/